SELAMAT DATANG DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KAPUAS HULU


Untuk mengadopsi kearifan lokas, Kantor Pertanahan dapat di desain seperti Rumah Betang.

SELAMAT…..

Anda terhubung dengan kami sekarang, di Kantor Pertanahan Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Kapuas Hulu adalah wilayah yang paling jauh dari Ibukota Provinsi Kalimantan Barat dari 14  Kabupaten/Kota yang ada. Berbatasan dengan negeri tetangga Malaysia, Prov. Kaltim, Prov. Kalteng, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Landak. Untuk membuka pintu kemajuan, pintu perbatasan resmi telah di buka di Badau, transportasi sudah dapat dijangkau dengan darat dan udara, meski dengan cost yang tinggi. Namun demikian, kabupaten ini masih milik Indonesia, dan jangan sampai di jual bung!  Kenapa? Meski Kapuas Hulu  “terpencil, jauh, dan sering banjir”, tetapi  jangan kecewa dulu, ikan arwana yang konon bisa berusia 50 tahun ada di Kapuas Hulu. Kapuas Hulu adalah bagian dari Heart of Borneo, penyumbang O2 di dunia untuk mengurangi emisi karbon dunia. So, mari rawat, lestarikan dan lindungi Kapuas Hulu.

Kabupaten Kapuas Hulu, mempunyai Luas 29.842 km2 dengan penduduk lebih dari 229.000 orang ( data 2011), adalah kabupaten terluas di Kalimantan. Lebih dari seperlima luas dari Provinsi Kalimantan Barat adalah Kabupaten Kapuas Hulu. Jika dibandingkan dengan Provinsi Bali misalnya adalah lebih dari 5 kali, dan Provinsi DIY hampir sepuluh kali,. Dibanding dengan Provinsi Banten, lebih dari 3 kalinya.

Kantor Pertanahan, sebagai instansi vertikal di Kapuas Hulu, tentu turut bersama-sama mengawal wilayah tersebut dari berbagai kerusakan dan pembalakan serta penguasaan yang berlebihan tanpa menjaga keseimbangan. Kami siap membantu dan melayani masyarakat dalam me-legal-kan tanahnya, haknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di luar kawasan hutan. Legalitas tanah yang dimiliki secara sah dengan dokumen yang sah dan memperoleh pengakuan dari diri sendiri, orang lain,  masyarakat sekitar ( baik masyarakat adat, maupun masyarakat setempat)  dan pengakuan negara ( dengan memberikan kewajibannya pada negara melalui desa/kelurahan dan instansi lainnya)  akan menjadi dasar yang kuat bagi Kantor Pertanahan untuk memberikan sertipikat sebagai tanda hak yang kuat sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Sekali lagi Selamat, hak atas tanah anda dilindungi Undang-undang, datang dan kunjungi kami di Jln. W.R.Supratman No. 4 Putussibau, Telp./Fax. 0567-21173, email :  kab-kapuashulu@bpn.go.id

Kami siap melayani dengan melakukan yang terbaik dan benar.

Kantor Pertanahan Kab. Kapuas Hulu,                                                                                  Prov. Kalimantan Barat

Kepala Kantor Pertanahan Kab. Kapuas Hulu

Makmur A. Siboro

CONGRATULATIONS …..

You are with us right now, in the Land Office Kapuas Hulu, West Kalimantan Province. Kapuas Hulu is the region most distant from the capital of West Kalimantan province between from 14 regencies / cities there. It borders with neighboring countries Malaysia, Prov. Kaltim, Prov. Kalimantan, Sintang, Melawi District, and Landak District. To open the doors of progress, the borders are officially open at Badau, transportation is accessible by land transportation and air, even with a high cost. However, the district is still owned by Indonesia, and not to sell dude! Why? Eventhough this area “remote, distant, and often floods”, but do not be disappointed yet, The best Arwana fish are found easily in Kapuas Hulu. Kapuas Hulu is part of the Heart of Borneo, O2 contributors in the world to reduce global carbon emissions. So, let’s care, preserve and protect the Kapuas Hulu.

Kapuas Hulu, has a 29 842 km2 area with a population of more than 229 000 people (data 2011), is the largest district in Kalimantan. More than one-fifth of the vast province of West Kalimantan Kapuas Hulu. When compared with the Province of Bali for example is more than 5 times, and DIY almost ten times. Compared with Banten Province, more than 3 times.

Land Office, as the vertical institutions in Kapuas Hulu, would contribute jointly oversee the region from all logging and control damage and excessive without balance. We are ready to help and serve the people to legalize their land, and their rights in accordance with the applicable provisions outside the forest area.You deserve your Legality of land by owned legally valid documents and obtain recognition of self, others, community (both indigenous peoples and local communities) and the recognition of the state (by giving its obligation to the country through rural / urban and other agencies) would be strong basic data for the Land Office to provide certificates as the most strong rights.
Once again Congratulations, your land would be protected by land rights legislation, come and visit us at Jln. No. W.R.Supratman. 4 Putussibau, Tel. / Fax. 0567-21173, email: kab-kapuashulu@bpn.go.id

We are ready to serve by doing the best and right.

District Land Office. Kapuas Hulu, Prov. West Kalimantan

Head of Land Office

Makmur A. Siboro

5 thoughts on “SELAMAT DATANG DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KAPUAS HULU

  1. Selamat bertugas untuk meningkatkan pelayanan walau banyak tantangan. Karena tidak mudah untuk mengubah watak, mental dan perilaku yang sudah terlanjur “karatan” menjadi cemerlang seperti sedia kala. Mau bertugas di Kapuas Hulu saja bagi orang luar sudah luar biasa, apalagi mau melakukan perubahan dan perbaikan. Kita doakan karir bung semakin baik, karena tugas mulia pasti ada imbalannya. Sukse selalu.

    1. pertanahan

      Benar bung, meski saya bukan orang Kapuas Hulu, tapi ini masih Indonesia. Tugas yang diemban harus dilalui dengan ikhlas dan tanggungjawab. Meski terasa sulit, tapi itu adalah bagian dari hidup dan karir.

Leave a comment