FROFIL KANTOR

Kantor Pertanahan ini sudah cukup lama berdiri di bumi Kapuas Hulu (KH), bangunannya dominan terbuat dari bahan kayu. Seperti halnya rumah-rumah kebanyakan di Kapuas Hulu yang dominan terbuat dan berfondasi dari kayu,  berlantai kayu, dan dindingnya dilapisi dengan semen yang di aci memakai jaring kawat. Kenapa rumah dan kantor berfondasi kayu? Kenapa seperti rumah panggung? karena  Kota Putussibau sebagai ibukota Kapuas Hulu adalah daerah cekungan yang datar. Sehingga air mengalir memenuhi cekungan ini, meskipun tempatnya di hulu, sehingga banjir sudah akrab dan selalu menjadi teman atau sahabatnya. Tidak jarang penduduk di kota putussibau mempunya spped boat, perahu atau jenis katinting sebagai transportasi darurat. Jika banjir cukup tinggi, hanya gedung Pemda/Kantor Bupati dan Gedung DPRD yang tingkat banjirnya rendah, sehingga semua kendaraan penduduk sekitar 19.000 jiwa ini menumpuk di sana. Bad news nya, kalau Gedung Pemda dan DPRD juga banjir sekitar 1 meter saja, maka banyak rumah yng tidak kelihatan atapnya termasuk Kantor Pertanahan Kabpoaten Kapuas Hulu.  Oleh karena itu rumah panggung layaknya di tepi sungai atau laut sudah menjadi keharusan.

ARSIP

Arsip sebagai jantung pelayanan pertanahan dan peta, harus diselamatkan. BPN RI harus turun tangan segera menyelamatkan arsip dan dokumen ini. Perlu ada inventarisasi kantor-kantor rawan bencana banjir di Indonesia dan segera menyiapkan pembangunan gedung yang tinggi, atau jika dimungkinkan untuk mencari lokasi yang tinggi. Tidak mudah memang, namun jika PNBP yang di “sharing” kan terwujud, akan mengatasi semua hal itu. Karena instansi lain juga melakukan hal yang sama. Jangan mau ketinggalan bung !!! Ruang penyimpanan arsip di Kantah KH, sangat menyedihkan, banyak warkah yang sudah lembab tak tersentuh restorasi. Menyusun proposal oleh kantah tidak mudah, karena tanpa proposal, pusat tidak bisa mengantisipasi kebutuhan mendesak dari daerah, terutama daerah terpencil. Oleh karena itu, mudah-mudahan jeritan dan teriakan dari jauh ini dapat didengar pusat walau tanpa proposal…hik.hik.hik….

TRANSPORTASI

Kantor belum mempunyai alat transportasi memadai, sejak 2010, sangat beruntung kantah KH mendapat kendaraan Larasita, namun jarang dioperasikan. Revitalisasi Larasita baru dilakukan sejak Kepala Kantor KH, Makmur Siboro menjabat sejak dilantik 4 September 2012. Kilometer mobil ketika dijumpai masih 1620 km, sekarang sudah 3300 km sejak di hidupkan kembali ketika sudah melaksanakan tugas. Mobil yang cukup layak mendampingi Larasita adalah mobil double gardan, dimana hampir semua dinas juga mempunya kendaran operasional dan kendaraan dinas double gardan.

Solar yang sulit dengan harga Rp. 11.200,- menjadi kendala tersendiri yang tidak bisa ditolerir di Kapuas Hulu. Eceran menjadi lebih tinggi sementara, APBN tidak mengenal harga eceran, belum lagi dikhawatirkan Solar dioplos dengan CPO yang sudah pernah ditemukan.  Biaya perbaikan , suku cadang dan lainnya membuat biaya operasional harusnya tidak sama seperti di Jawa. Idealnya 2 kali lipat. Tingginya biaya transportasi mengakibatkan cost operational yang tinggi pula.

BIAYA HIDUP

Konsekwensi tinggi nya biaya operasional adalah biaya hidup yang tinggi pula. Tidak bisa dipungkiri, gaji yang sama dengan di Jawa yang operational cost nya rendah  dengan hidup di KH yang cost operational nya tinggi, membuat PNS BPN RI terpuruk dan beban nya berat. Harusnya BPN RI tidak malu dan tidak keberatan untuk berjuang memberi tunjangan khusus bagi karyawannya yang belum ada remunerasi. Semoga ………..

2 thoughts on “FROFIL KANTOR

    1. pertanahan

      Thanks Bro, di tunggu kedatangan orang pusat untuk “membangun pertanahan mulai dari pedalaman” Kalau sudah pedalaman standar layanannya/service, infrastruktur dan suprastrukturnya sama dengan di DKI, wihh…itu baru prestasi pusat patut dibanggakan. Kalau PNBP tinggi, layanan tinggi, wajar “harus” maju. Motto Blog kami ; “Mendorong Kantor Pertanahan Modern yang terstandarisasi dari daerah terpencil” Thanks juga dari pusat sudah mau mendatangkan operator KKP minggu depan, karena sudah 2 tahun KKP tidak jalan, dan hampir jadi barang rongsokan , demikian juga larasita. “Mantab” di sini bro……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s