LEGALISASI ASET PERBATASAN

Kabupaten Kapuas Hulu berbatasan dengan Malaysia di sebelah Utara, Kalimantan Timur di sebelah Timur dan Kalimantan Tengah di Selatan dan Tenggara, Kabupaten Sintang di sebelah Barat. Berbatasan dengan negara tetangga, bukanlah suatu hal yang tidak ada tantangan. Berbatasan dengan tetangga dalam kepemilikan tanah saja dalam satu wilayah desa atau pun kota  bisa menjadi persoalan serius dalam hal batas. Berbagai informasi disebutkan bahwa patok atau tugu titik koordinat yang pernah dipasang oleh Bakosurtanal sudah tidak berada di tempatnya lagi. Disinyalir ada 123 buah tugu tersebut sudah tidak di tempatnya lagi.

( lihat di : http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/05/05/m3j8at-tak-ditemukan-123-patok-perbatasan-rimalaysia-di-kapuas-hulu)

Selain patok atau tugu, kepemilikan perbatasan perlu diidentifikasi, didata dalam istilah BPN adalah melalui IP4T, atau istilah awan sensus pemilikan tanah. Dengan pendataan, ada legalisasi ada pengakuan negara, ada penetapan hak. Oleh karena itu semakin kokoh perbatasan tersebut. Di beberapa tempat perkebunan negara tetangga sangat dekat dengan patok atau batas negara, sementara di wilayah Indonesia, masih jauh dan sering terbengkalai atau bahkan seperti tanah terlantar.

PRONA PERBATASAN

Perlukah ada PRONA perbatasan? Mungkin saja ini perlu, namun juga, harus ada keseriusan dari pemerintah, baik pemerintah  pusat maupun pemerintah daerah. Melalui program khusus, atau program yang dianggarkan di DIPA secara rutin, dapat dilakukan untuk mengantisipasi pergeseran atau “kehilangan” tanda batas.

To be continued………..

Putussibau,    November 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s