PRONA

PRONA 2012

BPN RI melalui Kantor Pertanahan Kab. Kapuas Hulu, sedang melaksanakan kegiatan legalisasi aset di beberapa desa dan kecamatan. Kegiatan ini diprioritaskan untuk membantu lealisasi aset bagi masyarakat yang kurang mampu. Adapaun kegiatan ini murni dibiayai oleh pemerintah melalui DIPA BPN RI yang pelaksanaannya di implementasikan oleh Kantor Pertanahan di Kabupaten.

Kegiatan sertipikasi melalui kegiatan Prona, Redistribusi Tanah dan Sertipikasi Tanah Petani Tahun Anggaran 2012, saat ini sedang melaksanakan kegiatan tersebut dan ada di tengah-tengah masyarakat. Semua Kegiatan mulai dari pengusulan calon peserta, penyuluhan, pengumpulan data yuridis (alas hak), pengukuran, pengolahan data sampai pada penerbitan sertipikat adalah tanggung jawab pemerintah melalui DIPA BPN RI, dan Kantor Pertanahan tidak mengutip biaya apapun dalam pelaksanaan kegiatan dimaksud ( Rp. 0,-).

Oleh karena itu untuk lebih memperlancar kegiatan, diminta kepada masyarakat melalui Kepala Desa agar melengkapi semua persyaratan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. Melengkapi persiapan dan bukti-bukti hak masyarakat adalah kewajiban masyarakat. Bila mana ada “oknum” yang melakukan pungutan atau mengutip biaya dengan berbagai alasan seperti membantu, menolong dan lain-lain adalah ilegal dan harap melaporkan kepada kami disertai bukti yang ada. Melalui telepon 0567-21177 atau SMS ke 081352519365.

Kantor Pertanahan Kab. Kapuas Hulu

Jl. W.R. Supratman No. 4

Putussibau

Telp. 0567-21173, 21177

Email : email : kab-kapuashulu@bpn.go.idbpn_kabkapuashulu@yahoo.co.id

RENCANA PRONA 2013

Bersama ini kami beritahukan kepada para Camat, kepala desa dan masyarakat pada umumnya di wilayah Kab. Kapuas Hulu bahwa BPN RI kembali akan menyelenggarakan pensertipikatan tanah melalui beberapa Program antara lain melalui PRONA. Untuk itu diminta kiranya dapat mengusulkan kepada kami dengan terlebih dahulu melengkapi persyaratan sebagai berikut :

  1. Minimal calon peserta sebanyak 50 orang/KK dengan jumlah bidang maksimal 200 bidang per desa.
  2. Peserta mempunyai KTP/NIK dan KK yang sah dan berlaku dan penduduk di desa tersebut.
  3. Mempunyai alas hak yang sah dan jelas seperti Surat Jual Beli, Kwitansi, Surat Keterangan Tanah, Surat Penyerahan Tanah, Surat Kepemilikan Tanah, dan surat-surat lainnya yang sah dan asli.
  4. Berusia sudah Dewasa yaitu 21 tahun atau belum berusia 21 tahun tetapi sudah menikah.
  5. Diutamakan bagi masyarakat golongan tidak mampu/ekonomi lemah.
  6. Mengetahui jelas riwayat tanah yang dikuasainya dan diakui oleh minimal 2 orang saksi.
  7. Jika tanah waris harus sudah dibagi sebelumnya, melalui pembagian waris yang sah.
  8. Tanah tersebut sudah mempunyai  Nomor Objek Pajak (NOP) yang dibuktikan dengan tagihan PBB atas nama yang bersangkutan.
  9. Tanah tersebut tidak dalam sengketa, baik sengketa adat, keluarga, waris maupun sengketa lainnya.
  10. Terdaftar dalam register tanah di desa.
  11. Tanah yang akan disertipikatkan diprioritaskan tanah perumahan/pekarangan bagi penduduk yang tinggal di desa tersebut dan tidak dalam kawasan hutan, jika tanah pertanian hanya untuk penduduk dalam satu kecamatan saja.
  12. Telah memasang tanda batas/patok tanahnya terbiat dari kayu keras, pralon, besi, beton atau tanda batas lainnya yang kuat. Tanda batas ini harus diketahui para pihak yang bersebelahan.
  13. Bersedia ikut dalam program dan turut berpartisipasi dalam program.
  14. Bersedia melengkapi segala kelengkapan persyaratan oleh diri sendiri/pemohon.
  15. Bersedia memberikan keterangan yang sah, baik  dan benar, dan STOP PEMALSUAN.
  16. Bersedia menghadirkan saksi dan tetangga berbatasan pada saat pengukuran yang bukan saudara.

Kami harap agar syarat-syarat tersebut di atas dapat dipenuhi dan informasi ini kiranya dapat disebarkan kepada desa yang layak memperoleh bantuan sertipikasi tanah oleh pemerintah.

Kami sampaikan bahwa usulan ini tidak dipungut biaya (bebas biaya) dan kegiatan Prona ini  juga tanpa biaya untuk Kantor Pertanahan Kabupaten Kapuas Hulu. Untuk pertanyaan lebih lanjut, hubungi kami di Kantor Pertanahan Kab. Kapuas Hulu melalui Telp. 0567-21177; email : kab-kapuashulu@bpn.go.idbpn_kabkapuashulu@yahoo.co.id atau menghubungi Sdr. Suriadarma, HP. 081349312764.

Kantor Pertanahan Kab. Kapuas Hulu

Jl. W.R. Supratman No. 4

Putussibau

Telp. 0567-21173, 21177

Email : email : kab-kapuashulu@bpn.go.idbpn_kabkapuashulu@yahoo.co.id

One thought on “PRONA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s