TEAM WORK BPN RI

TEAM WORK

Kerja sama sebagai satu tim adalah kolaborasi, bukan sama-sama kerja yang tidak berkolaborasi sehingga tidak nyambung, seperti Jaka Sembung Naik Ojek  ( Ga nyambung Jeck)…….. kata-kata itu kerap sekali kita dengar dimana-mana. Namun yang terjadi masih seputar itu-itu juga. Masih banyak pekerjaan yang tidak nyambung, hanya sama-sama kerja tapi tidak punya hasil yang riil dan terukur. Sepertinya kelihatan sibuk “luar biasa”  tetapi ternyata “biasa di luar”, biasa di luar garis/rel yang ada.

Sering didengungkan dan di ibaratkan Kerja Tim yang diidamkan dalam pekerjaan di kantor adalah seperti Tim Sepakbola. Semua pemain mempunyai konsentrasi yang sama untuk menciptakan gol yang indah dan cantik, di senangi penonton dan banggakan penonton bahkan di beri penghargaan, pujian dan sanjungan. Mana kala para pemain bermain dengan irama atau kolaborasi yang baik, mulai dari kiper, back, gelandang dan penyerang dengan  menyusun strategi  permainan yang bagus, maka gol yang cantik akan tercipta,  Gol yang “luar biasa”. Dalam tim dilarang bermain kasar, menjegal lawan apalagi kawan. Memberi operan cantik, menjadi sistem yang apik dalam permainan. Itulah satu tim, tim handal yang saling memberi, saling mengignatkan dan saling mendorong/memotivasi satu sala lain.

Sebaliknya Tim Sepakbola yan gagal, mempunyai ciri-ciri seperti misalnya :

  • Memberi operan bola yang tidak jelas;
  • Menjegal lawan bahkan kawan;
  • Bermain kasar;
  • Menghardik kawan;
  • Mengomeli kawan;
  • Melecehkan kawan;
  • Selalu membuat off side;
  • Membawa bola sendiri, sehingga capek sendiri tapi tidak ada gol;
  • Lari dari arena permainan;
  • Diam menunggu;
  • Tidak berlari, tapi bersikap seperti penonton;
  • Bahkan menciptakan “Gol Bunuh Diri”

Maka tim seperti di atas miungkin tidak perlu dievaluasi, tetapi hanya perlu dibubarkan saja. Untuk sikap-sikap pemain yang melakukan seperti disebut di atas,  jika dilakukan sekali dua kali maka yang ada adalah kartu kuning sebagai peringatan. Namun jika masih dilakukan apalagi dengan sengaja, maka konsekwensinya mau tidak mau, suka tidak suka kartu merah yang keluar dari wasit. Ini adalah bentuk “Punishment”. Namun jika dengan irama yang baik, kolaborasi yang baik, dan kerja sama yang baik, ada gol yang cantik, maka penghargaan berupa tepuk tangah kegembiraaan, pujian, bahkan sepatu emas menjadi “Award”. Karena award adalah yang terbaik, bukan yang terburuk. Tidak ada award juara menghardik, juara menjegal, juara mengkritik, juara bunuh diri, tetapi juara pencipta gol terbanyak, dengan pemain terbaik, kiper terbaik dll.

Itulah KERJA TIM, kerja yang tidak sulit dilakukan jika ada kesamaan persepsi, dengan melakukan dan membangun sikap yang profesional yaitu “Mau”, “Tahu” dan “Tanggung Jawab”. Mau dengan motivasi tinggi dari diri sendiri, tahu mengerjakan mana yang perlu dan tidak perlu, mana yang prioritas dan mau tahu bagaiman amelaksanakan perkerjaan dengan efektif dan efisien, dan Tanggung jawab akan apa yang dikerjakan dengan sikap kesatria dan dewasa; bukan jadi pengecut yang hanya mengeluh dan jago membual, mengkritik, emnipu, membohongi dan membuat martabat kantor jadi rendah.

Ada teman mempunyai semboyan dan motto dalam membina tim dengan mempunya prinsip GILA+, apa itu GILA+ :

Gigih dan Gesit

Inisiatif dan Inovatif

Lincah dan Loyal

Antisipatif dan Amanah

Jadi bukan GILA beneran, tidak mau tahu aturan, seenaknya, sesukanya dll.

HARGA DIRI

Masyarakat kita pada dasarnya adalah bangsa yang beradab, beradat mulia dan baik. Masyarakat yang punya harga diri yang tinggi. Oleh karena itu mari kita jadikan kantor kita, kantor yang berharga, agar kantor kita menjadi kantor yang bermartabat dan terhormat dengan cara menghormati dan :

  • Menghargai pekerjaan;
  • Menghargai aturan dan perundang-undangan, aturan adat dan pemerintah setempat;
  • Menghargai masyarakat; pemohon/pelanggan/customer;
  • Menghargai ketentuan disiplin kerja;
  • Menghargai Sapta Tertib Pertanahan;
  • Menghargai Sapta Perubahan;
  • Menghargai Institusi;
  • Menghargai diri sendiri dan keluarga;

karena kita ini adalah orang-orang terhormat. Kantor kita adalah kantor terhormat dan pimpinan kita adalah orang terhormat, masyarakat, pemda, pelanggan adalah orang terhormat.

DARI DIRI KITA

Semua yang baik, yang hebat dan yang patutu dibanggakan hanya lahir dari diri kita masing-masing. Saya mengajak mari introspeksi, mari majukan negara ini menjadi negara yang bersih, bermartabat dan berwibawa dan kuat mulai dari urusan pertanahan. Semua berawal dari diri masing-masing dengan membuang rasa ego dan menjunjung nilai kebersamaan yang tinggi. Mari bergandeng tangan dan siap melakukan perubahan walau sekecil apapun itu.

Putussibau,   2 Desember 2012.

TAHU KAH ANDA?

TEAM berarti  Together, Everybody Achieve More; bersama-sama setiap orang akan mendapat lebih. Tidak dapat dipungkiri bila sebuah project yang bila dikerjakan sendiri dibandingkan dengan team  jauh lebih cepat, lebih baik dan lebih kuat. Burung Angsa yang terbang dari kutub utara ke selatan setiap tahun adalah sebuah contoh team. Mereka secara alami membentuk formasi V untuk terbang di angkasa,  agar mereka efisien terbang dan mempunyai aerodinamis yang luar biasa dibandingkan jika burung itu terbang sendiri. Itu lah kehebatan team, segala sesuatudapat terukur dan saling merasakan kekuatan dan kelemahannya secara bersama.

Dalam Team ada proses membagi dan dibagi, mendengar dan didengar, membantu dan dibantu, mengingatkan dan diingatkan. Sesuatu yang sulit adalah ketika dibagi, didengar, dibantu, diingatkan; ego seseorang muncul  , merasa mempunyai power, mempunyai kemampuan yang tidak mau mengakui kelemahan, tetapi ketika dibalikkan menjadi mendengar, membantu, mengingatkan dan membagi, semua menjadi mudah. Hasil Team akan menjadi sangat luar biasa. So, jangan lari dari team dalam organisasi jika mau sukses. Meski ada perwujudan individu, seleksi alam dalam team membuktikan siapa yang siap bekerja dalam team, siap menjadi pemimpin. Seseorang menjadi pemimpin harus siap dipimpin, siap dibantu, siap dibagi siap diingatkan dan siap mendengarkan.

Putussibau,  25 Januari 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s